Senin, 17 Desember 2012

Pasar Johar Ruwet, Pengunjung "Mumet"


Semarang 04/12/12. Siapa yang tak pernah ke pasar Johar ? Pasar yang menjadi pusat perdagangan utama di Kota Semarang ini memang tidak pernah sepi dari hiruk pikuknya masyarakat yang melakukan aktivitas perdagangan disana. Pasar Johar yang terletak di daerah utara kota Semarang ini menjadi sentral dari perdagangan bagi masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya.
            Namun, kini yang menjadi salah satu masalah yaitu kurangnya tindakan tegas dari pemerintah dalam penertiban jalan di sekitar pasar yang justru digunakan sebagai lahan parkir liar dan lapak – lapak para pedagang yang tidak mendapatkan ijin.
           Menurut salah satu pengunjung yang datang, keadaan seperti ini sangat mengganggu para pengunjung, karena sering menyebabkan macet dan jalan yang menjadi tidak teratur. Jalan yang semestinya luas dan lancar, terhambat oleh banyaknya motor – motor dan mobil – mobil yang parkir seenaknya, juga lapak – lapak yang didirikan tidak beraturan di sepanjang jalan.
            Padahal dari pemerintah sendiri, telah menyediakan lahan parkir khusus bagi para pengunjung Pasar Johar yang cukup luas dan mampu menampung pengunjung yang datang. Bagi para tukang parkir liar tersebut, mereka justru mengaku bahwa dari pekerjaannya ini mereka mendapatkan untung yang cukup banyak, serta rata – rata pengunjung yang parkir ditempatnya tersebut mengaku lebih dekat dan gampang, ketimbang harus parkir di tempat parkir resmi yang telah disediakan.  

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Ketertiban pasar Johar memang menjadi PR serius untuk pemerintah, kemacetan dan ketidaktertiban masyarakat merupakan hal yang sangat memprihatinkan, yang saya tahu, dulu pasar johar pernah jadi pasar terindah di Asean, entah pada tahun berapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pernah denger itu, semoga aja.. masyarakat sama pemerintah bisa bersinergi buat sama2 jaga ketertiban dan keindahan gak hanya pasar johar tapi semua daerah di kota semarang ya..

      Hapus
  3. pemerintah seharusnya lebih tegas dalam memberi sanksi pada para pedagang liar dan juru parkir yang tidak tertib, dan dari para pengunjung pasar johar juga seharusnya memiliki kesadaran tertib dalam parkir sesuai tempat yang telah disediakan agar tidak merugikan pengguna jalan lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semoga dengan adanya peraturan dari pemerintah juga kesadaran dari masyarakatnnya sendiri nih yang paling penting

      Hapus